PRESS RELEASE COMPANY VISIT

Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) bekerja sama dengan Himpunan Profesi Centre of Management telah menyelenggarakan Company Visit pada hari Jumat, 1 November 2019. Kegiatan Company Visit diikuti oleh 48 mahasiswa Departemen Manajemen Angkatan 53 dan dua perwakilan dosen yaitu Ibu Andita Sayekti, S. TP, M. Sc serta Bapak M. Syaefudin Andrianto S.E, M.Si selaku Sekretaris Departemen Manajemen.
Perusahaan pertama yang dikunjungi adalah salah satu platform e-commerce yaitu Shopee. Kantor Shopee Jakarta berada di daerah SCBD dan menempati lantai 22-27 menara Pacific Century Place dan Shopee Indonesia merupakan penyumbang kontribusi sebesar 40% dari total bisnis International Shopee. Kegiatan Company Visit Shopee dimulai pukul 8.15 dengan pembukaan oleh perwakilan Employer Branding dan tim Human Resource yaitu Sharon Chyntia dan dilanjutkan dengan kegiatan office tour untuk melihat ruangan-ruangan yang berada di kantor Shopee. Sesi dilanjutkan dengan Industry and Function Sharing yang dipimpin oleh perwakilan Recruitment and Employer Branding Lead dan perwakilan dari tim Marketing.
Sharing yang dilakukan dengan tim Recruitmen and Employer Branding dipimpin oleh Ida Mahiswari. Sharing tersebut menitikberatkan pada penjelasan sejarah Shopee, tahapan perektrutan Shopee, dan penjelasan nilai budaya yang diterapkan di kantor Shopee. Pada tahapan perekrutan, speaker memberikan penjelasan bahwa pihak Human Resource akan lebih melihat CV dan keaktifan di organisasi dan memberikan saran untuk memasukkan pengalaman yang related dengan profesi yang akan dituju di dalam CV. Kak Ida Mahiswari juga menjelaskan mengenai values organization Shopee yaitu We Serve, We Humble, We Adapt, We Commit, and We Run. “Secara keseluruhan lingkungan kerja Shopee memiliki karakteristik fun dan santai namun serius saat bekerja. Shopee juga menerapkan pemberian pelayanan yang maksimal dan waktu kerja yang fleksibel kepada para pegawainya sehingga para pegawai dapat berkerja dengan lebih produktif. Tim kerja Shopee terdiri dari Tach team, Business Development, Marketing, People, Business Intelligence, dan Internship” jelas Kak Ida Mahiswari.
Sharing selanjutnya dibawakan oleh Rizka Khairina selaku Senior Marketing Associate Offline. Walaupun bekerja di bagian Marketing, Kak Rizka Khairina merupakan anggota tim Marketing dengan spesialisasi mengurus bagian event yang dilaksanakan Shopee. Sistem Marketing Shopee yang menitikberatkan pada pendekatan New Users, Engagement, dan Orders. Perbedaan paling utama yang terlihat dari Shopee adalah penerapan engagement berupa permainan. Pemasaran Shopee dilakukan dengan tiga tahap yaitu Attract, Convert, dan Retain” jelas Kak Rizka. Kak Rizka Khairina juga memberikan penjelasan mengenai divisi dari 3 departemen besar dan pengadaan sistem event.
Setelah sesi Sharing selesai, dilakukan tanya jawab dengan peserta dan selanjutnya pihak Shopee melakukan ice breaking berupa games yang menguji pengetahuan peserta mengenai Shopee. Kegiatan Company Visit Shopee diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari pihak Departemen Manajemen yaitu berupa sertifikat, plakat, dan souvenir yang diberikan oleh Ibu Andita Sayekti, S. TP, M. Sc.
Perusahaan kedua yang dikunjungi adalah salah satu stasiun televisi swasta berita nasional di Indonesia yaitu Kompas TV. Kompas TV berlokasi di Menara Kompas, Palmerah. Kegiatan Company Visit Kompas dipandu oleh Zola Rihana selaku Public Relation KG Media. Kak Zola Rihana membuka materi dengan penjelasan sejarah Kompas Group dan mengenai keadaan media mainstream di era disruptive digital. Kompas gramedia memiliki 8 pilar bisnis yaitu Education, Book Publishing, Magazine, Event, Newspaper, Tabloids, Multimedia, dan Hotels. “Isu terbesar media mainstream saat ini adalah mengenai disruptive digital dan pergesaran ketertarikan generasi milenial ke new media yang lebih menggunakan media digital”. Untuk mengimbangi isu besar tersebut, Kompas TV juga sangat concern dengan perkembangan digital asset di antaranya yaitu facebook, twitter, dan youtube. “Selain TV, social media, dan radio, Kompas TV juga memberikan servis pada pengadaan event besar.” jelas Kak Zola.
Prinsip dari Kompas TV adalah independen dan terpercaya. Budaya organisasi Kompas kental dengan adanya integrasi di setiap bidang baik TV ataupun koran dan seringnya diadakan daily meeting dari tiap dewan direksi. Konten Kompas TV didasarkan juga pada prinsip Enlighting People. Kak Zola juga menjelaskan mengenai sistem regenerasi jurnalis dan reporter. Kompas TV juga memberikan pelatihan pada tiap jurnalis dan reporter yang baru dan bahkan ada sesi pelatihan dari jurnalis senior.
Setelah sesi Sharing selesai, dilakukan sesi tanya jawab dengan peserta mengenai proses pertahanan media mainstream dan kesempatan magang di Kompas TV dan juga diadakannya control room touring. Kegiatan Company Visit Kompas diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari pihak Departemen Manajemen yaitu berupa sertifikat, plakat, dan souvenir yang diberikan oleh Bapak M. Syaefudin Andrianto S. E, M.Si.
Dengan diadakannya Company Visit di Shopee dan Kompas, diharapkan mahasiswa Departemen Manajemen dapat lebih mengetahui mengenai sistem pekerjaan terutama di bindang e-commerce dan media jurnalistik.IMG-20191105-WA0026IMG-20191105-WA0025 IMG-20191105-WA0024 IMG-20191105-WA0023 IMG-20191105-WA0020 IMG-20191105-WA0021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *