PELATIHAN POWERPOINT PRESENTATION 2018

PELATIHAN POWERPOINT PRESENTATION 2018
Ade Fajar Maulana : Corporate Trainer PT. International Services Pacific Cross
Pelatihan PowerPoint Presentation merupakan salah satu program kerja Public Relation Centre of Management. Acara ini turut menghadirkan professional trainer dalam mendesain PowerPoint. Acara ini berlangsung pada hari Rabu, 7 November 2018 bertempat di Ruang Kelas 3.01 Gedung FEM Baru lantai 3 kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga. Pelatihan ini dihadiri oleh mahasiswa dan mahasiswi Manajemen IPB yang merupakan pengurus Centre of Management tahun kepengurusan 2017-2018. Acara ini berlangsung dari pukul 19.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Picture1

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan acara oleh Master of Ceremony yang dibawakan oleh Mohamad Ali Akbar dan Husnun Luthfiralda yang merupakan mahasiswa Manajemen FEM IPB. Materi disampaikan oleh Bapak Ade Fajar Maulana selaku Corporate Trainer PT. International Services Pacific Cross. Pembicara menyampaikan materi selama 45 menit kemudian dilanjutkan dengan praktik langsung yang dipandu oleh pembicara. Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 45 menit.
Pelatihan PowerPoint Presentation ini membahas tentang fundamental PowerPoint yang terdiri dari set up, overview, text box dan shape, animation dan transition, serta desain. Set up terdiri dari beberapa elemen PowerPoint seperti toolbar, status bar, groups, ribbon, dan slide pane. Elemen-elemen tersebut dapat diatur sesuai dengan kebutuhan sehingga memudahkan dalam penggunaan PowerPoint. Overview terdiri dari quick access toolbar, slide master, pemilihan desain PowerPoint dan juga rasio. Text box dan shape adalah elemen yang paling sering digunakan dalam pembuatan slide presentasi. Pembicara memberikan trik-trik dalam memodifikasi text box dan shape. Ukuran font dapat diubah tanpa menggunakan mouse hanya dengan menekan secara bersamaan tombol ctrl, shift dan lambang “>” untuk membesarkan ataupun “<” untuk mengecilkan. Selanjutnya, apabila ingin memperlebar atau mempersempit text box dan shape, dapat dilakukan hanya dengan menekan tombol shift dan tombol navigasi atas, bawah, kanan atau kiri pada keyboard secara bersamaan. Selanjutnya, dijelaskan pula mengenai animation dan juga transition. Animation dan transition lebih baik digunakan secara tidak berlebihan karena akan membuat tampilan presentasi menjadi tidak menarik. Materi terakhir yang disampaikan oleh pembicara adalah materi mengenai desain. Beliau juga mengatakan bahwa PowerPoint bukan hanya sekedar software untuk menampilkan presentasi, tapi PowerPoint juga dapat digunakan untuk mendesain suatu objek, seperti logo, poster, dan banner.
Setelah materi selesai disampaikan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 45 menit dengan adanya empat orang penanya. Di akhir sesi, Bapak Fajar memberikan sebuah pesan bahwa orang yang menentukan jalan hidup dan juga kesuksesan yang akan diraih nantinya adalah diri kita sendiri. Beliau yakin untuk tiga atau lima tahun mendatang, akan muncul orang-orang sukses yang berasal dari mahasiswa Manajemen Institut Pertanian Bogor apabila semua pihak mau berusaha untuk mencapainya.

Picture3

Picture3

Acara diakhiri dengan penyerahan plakat, sertifikat, dan juga souvenir berupa Serambi Botani, yang diberikan oleh Fathurrohman Rusydi Didin selaku Presiden Direktur Centre of Management. Setelah penyerahan plakat, sertifikat, dan souvenir, dilakukan sesi foto bersama.

Picture4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *