GUEST LECTURER MANAGEMENT SERIES 2018 “Financial Technology Strategi Pengelolaan , Tantangan dan Peluang Pelaku Bisnis”

GUEST LECTURER MANAGEMENT SERIES 2018

Widyo Gunadi : Financial Technology Strategi Pengelolaan , Tantangan dan Peluang Pelaku Bisnis.

Guest Lecturer Management Series 2018 bekerja sama dengan OJK merupakan kegiatan kuliah menghadirkan pembicara tamu fasilitasi dari Departemen Manajemen FEM IPB sebagai jembatan antara industri dan praktisi. Acara ini berlangsung pada hari Selasa, 16 Oktober 2018 bertempat di Auditorium FMIPA kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga. Kuliah tamu ini dihadiri oleh mahasiswa dan mahasiswi IPB yang berasal dari Departemen Manajemen angkatan 52 yakni tingkat akhir / Semester 7 yang mengambil Mata Kuliah Manajemen Stratejik serta mahasiswa supporting course di IPB yang mengambil Mata kuliah Akuntasi Keuangan.

Topik yang disampaikan pada kuliah tamu ini adalah Financial Technology Strategi Pengelolaan , Tantangan dan Peluang Pelaku Bisnis. Acara ini berlangsung dari pukul 13.00-15.00 WIB. Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan acara oleh Master of Ceremony yang dibawakan oleh Paksi Ghali dan Husnun Luthfiralda yang merupakan mahasiswa Manajemen FEM IPB.  Acara dipandu oleh moderator yaitu Bapak M. Syaefudin Andrianto, S.T.P., M.Si  yang merupakan Sekretaris Departemen Manajemen FEM IPB. Acara ini juga turut dimotori oleh Koordinator Kemahasiswaan Departemen Manajemen FEM IPB yakni Ibu Lindawati Kartika SE M.Si dengan didukung oleh Centre of Management (Com@).

ojk6 ojk5ojk4

 

Kuliah tamu dengan topik Financial Technology Strategi Pengelolaan , Tantangan dan Peluang Pelaku Bisnis ini disampaikan oleh Bapak Widyo Gunadi selaku Advisor Group Inovasi Keuangan Digital dan Pengembangan Keuangan Mikro Otoritas Jasa Keuangan, sebagai pembicara. Kuliah ini berdurasi 120 menit termasuk Tanya jawab interaktif baik online maupun offline saat kegiatan.

Materi yang disampaikan oleh Bapak Widyo Gunadi terkait mengenai perkembangan dan sejarah Financial Technology di Indonesia. Perkembangan teknologi memasuki era revolusi industri 4.0 begitupun dengan pengembangan inovasi terbaharukan juga sudah mulai banyak. Di dunia keuangan, saat ini kita telah mengenal mengenai Fintech atau financial technology. Inovasi Fintech sudah dikembangkan sejak lama dan baru mulai diperkenalkan pada tahun 1993. Fintech memiliki benefit yaitu Digitalization, Falling cost of computing, Technology Innovation, Financial Inclusion serta Changing customer behavior. Selain memiliki banyak benefit, fintech juga memiliki kerawanan akan kegagalan sistem, kesalahan informasi, kesalahan transaksi, keamanan data pribadi, serta rentan akan aktivitas pencucian uang dan pendanaan terorisme. Saat ini fintech menjadi perhatian dari OJK karena keberadaan fintech sesuai dengan 3 (tiga) fokus utama OJK yaitu stabilitas, Inklusif, dan Kontributif. Fintech sangat penting diperhatikan karena fintech dapat membantu perkembangan potensi Negara. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara berkembang yang menurut sumber Dailysocial (2017) pada tahun 2017 jumlah masyarakat Indonesia yang menggunakan Fintech berjumlah 60,96%, tentunya dengan tingginya angka penggunaan fintech ini kedepannya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan UMKM di Indonesia mengingat 97% pekerjaan di Indonesia berasal dari sektor UMKM. Acara ini sangat disambut antusias para mahasiswa dan segenap Pimpinan Fakultas Ekonomi dan Manajemen mengucapkan terima kasih kepada Pembicara dan OJK yang turut menyukseskan kegiatan ini. Acara ditutup dengan pemberian souvenir dan kenang-kenangan berupa plakat dan sertifikat kepada pembicara.

ojk3 ojk2 ojk

 

Acara ini diakhiri dengan  pemberian sertifikat, plakat,  dan cinderamata dari Departemen  Manajemen kepada Bapak Widyo Gunadi yang diwakilkan oleh Bapak M. Syaefudin Andrianto, S.T.P., M.Si Selanjutnya acara ditutup dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *