Guest Lecturer Management Series 2018 ” Marketing Disruption Era : Threat, Opportunity, Business Ethics and Consumer Protection”

 

Guest Lecturer Management Series merupakan program implementasi jembatan akademis dan praktisi, kegiatan ini merupakan acara kuliah tamu bekerjasama dengan praktisi terkait dengan berbagai mata kuliah yang berlangsung pada tahun akademis berjalan. Pada tanggal 15 Oktober 2018, Bapak Iwan Himawansah yang menjabat sebagai Sales Director memberikan kuliah umum terkait mata kuliah Etika Bisnis dan komunikasi professional yang bertema :  Marketing Disruption Era : Threat, Opportunity, Business Ethics and Consumer Protection, bertempat di Auditorium Abdul Muis Nasution Fakultas Teknologi Pertanian kampus Institut Pertanian Bogor, Dramaga. Kuliah tamu ini dihadiri oleh mahasiswa dan mahasiswi IPB yang berasal dari Departemen Manajemen angkatan 52 atau tahun akademis 2015/2016. Acara ini berlangsung selama 120 menit. Acara dimuai Pukul  09.00 WIB dengan pembukaan acara oleh Master of Ceremony yang dibawakan oleh Fakhriko Dhika Pratama dan Savia Pramudani yang merupakan mahasiswa Manajemen FEM IPB, Moderator  yaitu Dosen Departemen Manajemen FEM IPB yakni Ibu Hardiana Widyastuti, S.Hut., MM. Acara ini juga dihadiri oleh Pimpinan Fakultas, Departemen dan Dosen Departemen Manajemen, serta pelaksanaan kegiatan ini diinisiasi juga oleh Ibu Lindawati Kartika, SE, M.Si selaku Koordinator Kemahasiswaan Departemen Manajemen FEM IPB dan

didukung oleh Himpunan Profesi Center of Management (Com@).

1_0

 

Kuliah tamu ini disampaikan oleh Bapak Iwan Himawansah dengan penuh antusias dan luar biasa, terkait pengalaman beliau dalam bidang sales dan marketing selama lebih dari 20 tahun.  Sesi tanya jawab interaktif yang berlangsung dalam dua termin baik online maupun offline dari peserta.  Bapak Iwan Himawansah menjelaskan bahwa kunci yang dapat mempengaruhi pemasaran langsung yaitu : faktor cuaca, kenaikan harga, kondisi perusahaan, kebijakan pemerintah, customer atau konsumen serta kompetitor. Hal lainnya yang menjadi catatan adalah era disruptive Innovation , e-commerce menjadi merupakan peluang yang perlu dimanfaatkan oleh pelaku bisnis. Adanya era 4.0 juga mendorong munculnya perubahan budaya, selera dan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian produk. Dalam kuliah tamu ini, Bapak Iwan selaku pembicara juga memberikan beberapa tips kepada mahasiswa mengenai teori langsung di lapang dalam memulai suatu bisnis yaitu seperti “mulai sejak saat ini para generasi muda harus mulai berfikir kreatif  dan out of the box (Think out of the box), serta ketika kita ingin memulai usaha perlu berkacamata dari sisi consumer bukan dari sisi penjualnya (Think as consumer) maka dengan cara itu kita dapat mempertahankan bisnis kita. Selain itu juga, Bapak Iwan juga menekankan untuk menjadi pribadi yang don’t sound good in paper yang artinya selama ini ketika kita melakukan perencanaan orang-orang selalu menekankan pada konsep yang luar biasa tanpa pernah memikirkan ke implikasi level dibawahnya akan seperti apa dan bagaimana cara melakukan hal yang direncanakan tersebut, sehingga sebagai calon leader masa depan perlu untuk lebih teliti, dan berfikir analitis dan kritis agar apa yang direncanakan dapat terealisasi sesuai dengan ekspektasi.”

2_03

 

Acara ini diakhiri dengan  pemberian sertifikat, plakat,  dan souvenir kenang-kenangan dari Departemen  Manajemen kepada Bapak Iwan Himawansah yang diwakilkan oleh Ibu Dra. Siti Rahmawati, M.Pd. Selanjutnya acara ditutup dengan foto bersama dan dilanjutkan dengan acara peresmian (launching) fasilitas belajar yang diberi nama “student corner” di Departemen Manajemen gedung FEM Institut Pertanian Bogor, Jl Agathis Dramaga Bogor 16680.

Dimana pemberian hibah student corner dari PT Beiersdof Indonesia tersebut di tandatangani oleh Wakil Dekan Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan yang diharapkan dapat dioptimalisasikan oleh mahasiswa agar lebih nyaman dalam belajar di lingkungan kampus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *